Waspadai 10 Gejala Kekurangan Vitamin dan Mineral yang Berdampak pada Kesehatan

Waspadai 10 Gejala Kekurangan Vitamin dan Mineral yang Berdampak pada Kesehatan

Kurangnya asupan vitamin dan mineral di dalam tubuh ternyata bisa membuat gejala=gejala yang sering tidak Anda sadari dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hal ini tentunya tidak bisa dianggap sepele dan perlu Anda waspadai, sebab kekurangan vitamin dan mineral sebagai mikronutrien dapat berdampak pada kesehatan tubuh Anda baik yang terasa atau tidak dapat dirasa.

Pentingnya Peran Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh

Diketahui bahwa vitamin dan mineral memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh manusia. Oleh sebab itu, vitamin dan mineral harus tercukupi secara pas dan seimbang meskipun dalam jumlah yang sedikit karena dibutuhkan oleh tubuh.

Nutrisi makro dan mikro berguna serta bermanfaat dalam rangka menjaga daya tahan, membentuk jaringan, proses pertumbuhan dan perkembangan, hingga menyeimbangkan metabolisme tubuh. Terdapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, B, C, D , E, K, kalsium, fosfor, kalium, zat besi, magnesium, zinc, yodium, natrium, dan mineral lainya.

Gejala Kekurangan Vitamin dan Mineral

Dengan pentingnya peran nutrisi, maka tidak heran jika kekurangan vitamin dan mineral akan berdampak pada munculnya gejala-gejala gangguan kesehatan yang bisa Anda alami. Lantas, bagaimana gejala kurang vitamin dan mineral yang perlu diwaspadai? Yuk, cermati ulasan di bawah ini.

1. Bibir Terlihat Kering dan Pecah-Pecah

Gejala pertama yang sering dijumpai pada masyarakat umum ketika mengalami kurang vitamin dan mineral ialah bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Gejala kesehatan bibir kering dan pecah-pecah dikenal juga sebagai sariawan dapat disebabkan juga oleh kurangnya vitamin B2, B3, B9 dan C sehingga terjadi kekeringan dan sariawan pada bibir.

2. Kulit Terlihat Pucat/Kering

Kondisi kulit terlihat pucat atau kering yang terjadi pada tubuh Anda juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral. Kekurangan vitamin A, B, C, dan E dapat membuat kulit Anda bermasalah dengan terlihat pucat dan kering. Diketahui bahwa vitamin E berguna untuk peremajaan kulit serta membantu menjadi pelindu alami kulit dari paparan sinar UV.

3. Rambut Mudah Rontok

Rambut sehat dan indah merupakan hal yang didambakan oleh banyak orang. Bahkan rambut dianggap menjadi suatu ‘mahkota’ bagi kaum wanita di seluruh dunia. Melansir Hellosehat, kekurangan akan nutrisi vitamin D dapat berakibat pada terjadinya kerontokan rambut karena vitamin tersebut berperan untuk menstimulasi folikel rambut agar tumbuh dan kuat.

4. Gusi Mulut Sering Berdarah

Gejala kekurangan vitamin dan mineral yang selanjutnya ialah terjadi kondisi gusi mulut sering berdarah. Terkadang saat melakukan aktivitas menggosok atau menyikat gigi secara tidak tepat, Anda bisa mengalami gusi yang berdarah. Selain hal itu, kekurangan vitamin C dan K dapat menjadi salah satu penyebabnya karena berperan dalam memperkuat jaringan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Mata Bengkak atau Kuning

Pernahkan Anda atau orang yang dikenal mengalami mata bengkak atau kuning? Gangguan kesehatan tersebut dapat menjadi pertanda adanya kekurangan vitamin dan mineral di dalam tubuh. Mata bengkak dapat terjadi karena Anda mengalami kekurangan mineral berupa yodium. Untuk mata kuning, juga bisa disebabkan karena kurangnya vitamin B12 yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf termasuk mata.

6. Tubuh Mudah Lelah dan Lemas

Sering merasa tubuh mudah lelah dan lemas? Jika ya, maka Anda mungkin sedang mengalami gejala kekurangan vitamin dan mineral. Kondisi badan yang mudah lelah dan lemas dapat disebabkan oleh terjadinya anemia (kekurangan sel darah merah). Anemia dapat terjadi apabila asupan vitamin B12 yang merupakan nutrisi penting untuk pembentukan sel darah merah memiliki kadar yang kurang di dalam tubuh Anda.

7. Sering Kesemutan dan Keram Otot

Salah satu gangguan kesehatan yang sering dirasakan oleh orang dewasa atau lansia ialah sering kesemutan dan keram otot. Melansir Klikdokter, terjadinya kesemutan pada bagian tubuh seperti jari, tangan, dan kaki dapat disebabkan oleh adanya kekurangan vitamin neurotropik yang dibutuhkan saraf meliputi vitamin B1, B6, dan B12. Untuk keram otot, hal ini dapat juga terjadi apabila Anda kekurangan zat mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

8. Muncul Lebam atau Memar Biru di Tubuh

Sering munculnya lebam atau memar biru di tubuh dapat menjadi suatu pertanda penyakit atau gejala kekurangan vitamin dan mineral. Beberapa orang pernah mengalami munculnya lebam tanpa sebab benturan fisik di tubuh. Hal ini mungkin saja terjadi apabila Anda mengalami kekurangan vitamin K yang berperan untuk membantu proses pembekuan darah.

9. Ruam Merah di Wajah

Dalam menjaga penampilan, wajah merupakan aset yang penting untuk Anda jaga. Terjadinya ruam merah di wajah bisa saja terjadi pada Anda yang membuat penampilan fisik menjadi terganggu. Kekurangan vitamin B7 (biotin) dan B12 dapat menjadi pemicu terjadinya ruam merah di wajah karena berperan serta menjaga kesehatan kulit tubuh termasuk wajah.

10. Mudah Jatuh Sakit

Gejala kekurangan vitamin dan mineral yang terakhir di pembahasan kali ini ialah tubuh mudah jatuh sakit. Diketahui bahwa vitamin dan mineral memang berperan penting bagi kesehatan dan kestabilan tubuh. Kekurangan vitamin C, D, dan A dapat membuat sistem imun menjadi melemah yang menyebabkan tubuh mudah jatuh sakit. Ragam vitamin tersebut dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh untuk melawan ancaman penyakit.

Cara Mengatasi Gejala Kekurangan Vitamin dan Mineral Secara Praktis

Sesudah menyimak dan membaca pentingnya peran vitamin dan mineral bagi tubuh dan sejumlah gejala kekurangannya, maka Anda pastinya semakin sadar akan bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Apalagi salah satu atau beberapa gejala-gejala gangguan kesehatan tersebut pernah Anda alami yang tentu menjadi ‘lampu kuning’ bagi tubuh Anda. Hal ini jangan Anda anggap sepele atau sebelah mata karena apabila dibiarkan dapat menjadi suatu permasalahan kesehatan yang serius.

Terlebih pada saat ini, pandemi covid-19 masih belum berakhir sepenuhnya yang juga menjadi ancaman kesehatan bagi Anda dan keluarga. Maka dari itu, untuk mengatasi tantangan ini Fitbumino hadir sebagai cara praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta menjaga daya tahan tubuh dari ancaman virus dan penyakit.

Berkat kombinasi bahan baku alami berupa ekstrak ikan gabus orgnaik, meniran, dan temulawak yang bisa menjadi imunomodulator dalam mencegah ancaman virus dan penyakit yang ‘menghantui’ Anda dan keluarga!

Demikian pembahasan tentang 10 gejala kekurangan vitamin dan mineral yang berdampak pada kesehatan untuk Anda waspadai secara cermat. Untuk memperoleh informasi detail mengenai produk Fitbumino, Anda bisa beli di tautan ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis