Fakta Tentang Ikan Gabus

Ikan gabus adalah sejenis ikan air tawar dan nama ilmiahnya adalah Channa striata. Ikan ini dapat ditemukan di sungai, danau, kolam, rawa, dan saluran air yang arusnya tenang, dari perairan dangkal dengan kedalaman 1 hingga 2m hingga persawahan.

Ikan gabus umumnya bertubuh panjang, dengan bagian atas berwarna coklat tua dan bagian bawah berwarna putih. Memiliki sirip di punggung, perut, dada, dan dubur, tubuh bergaris (striatum berarti “coret”), dan memiliki sisik besar.

Namun di antara semua ciri tersebut, ikan lain yang termasuk dalam famili Channidae (gabus-gabusan), seperti gabus, memiliki ciri kepala seperti ular. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris sering dijuluki Snakehead yang artinya “kepala ular”. Channa striata sendiri dikenal sebagai striped snakehead atau snakehead murrell.

Fakta Tentang Ikan Gabus
foto by mimin fitbumino

Salah satu ikan yang bisa bernapas langsung dari udara

Ikan belang adalah hewan yang tangguh. Buktinya, ia bisa hidup tidak hanya di air jernih, tapi juga di tempat keruh (keruh) dengan kadar oksigen rendah dan pH 4,5 hingga 6 (asam).

Selain itu, ikan gabus juga bisa bernapas langsung dari udara. Ruggler dkk. Listyanto & Ardiyanto (2009) dalam (1993) menyatakan bahwa tubuh ular memiliki semacam organ labirin di atas insang yang disebut divertikulum. Organ ini memungkinkan kita menghirup oksigen langsung dari udara.

BACA JUGA :Dampak Buruk Sinar Gamma Pada Tubuh Manusia (CT Scan)

Agar tetap dapat bernapas saat keluar dari air, genus harus memastikan bahwa kulit dan organ pernapasannya (dalam hal ini divertikulum) tetap lembab. Itu sebabnya, menurut laman Animal Diversity, snakehead mengubur diri di lumpur di dasar rawa, sungai, atau danau ketika habitatnya habis dan tidak punya waktu untuk bergerak. Ikan ini disebut juga mudfish (ikan lumpur).

Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi!

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang bernilai ekonomis. Predator air tawar ini banyak dikonsumsi karena rasanya yang sangat enak. Selain itu, kandungan albumin (sejenis protein) yang tinggi membantu mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi atau sunat.

gabus juga cukup menguntungkan dalam hal budidaya. Berdasarkan Listyanto & Ardiyanto (2009), hal ini disebabkan karena tingkat kematian ikan gabus yang relatif rendah. Kemampuan bernafas langsung dari udara juga memudahkan proses pengangkutan ikan hidup.

Satu kekhawatiran, bagaimanapun, adalah bahwa snakehead snakehead rentan terhadap parasit. Mengutip FishBase dan Animal Diversity Web, snakehead bergaris sering menjadi inang perantara untuk parasit Gnathostoma spinigerum, Isoparorchis hypselobargi, Pallisentis ophicephali, dan Neocamallanus ophicepahli. Akibatnya, daging bisa sangat berbahaya jika tidak dimasak sepenuhnya.

Selain itu, Channa striata juga merupakan spesies baru yang dapat merusak ekosistem barunya. Kehadiran mereka mengancam kelangsungan hidup ikan asli dalam hal mencari makan. Untuk alasan ini, gabus dianggap ilegal di sebagian besar negara bagian AS, menurut Majalah Recette.

Solusi Sumber Asupan Gizi Berbahan Alami dan Berkualitas

Setelah mengetahui apa saja tips agar tetap sehat di kantor. Anda tentu juga menjadi semakin sadar atau aware terhadap kebutuhan gizi bagi tubuh. Nutrisi yang tercukupi bagi tubuh akan membantu Anda menjaga kesehatan dan fungsi organ di dalamnya.

Nah, untuk bisa menjawab hal itu. Fitbumin hadir membawakan solusi sumber asupan gizi berbahan alami dan berkualitas. Ftibumin memiliki beragam varian produk untuk anak, ibu, dan Anda dalam memenuhi kebutuhan albumin serta nutrisi dan gizi yang cukup dari bahan baku ekstrak ikan gabus organik yang diproduksi secara modern.

Dengan mengonsumsi produk dari Fitbumin Anda tidak perlu khawatir lagi akan bahaya dan ancaman dari kondisi kadar gizi yang rendah!

Itulah ulasan tentang tips sehat agar tetap fit di kantor. Untuk memperoleh informasi detail mengenai ragam produk Fitbumin, Anda bisa klik di tombol berikut ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis